CSR (Corporate Social Responsibility)
Pengertian CSR
suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya). perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya
suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya). perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya
Tujuan CSR
Tujuan program CSR perusahaan. Perusahaan yang menjalankan unit program CSR sebenarnya dengan sasaran yang sudah ditargetkan. Tujuan yang paling obyektif adalah menghasilkan dampak positif terhadap lingkungan dan meliputi masyarakat. Berikut adalah beberapa tujuan diadakannya CSR:
- Berkontribusi pada pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar.
- Menangkap sumber daya manusia yang berkualitas dan potensial.
- Mengurangi risiko perusahaan terhadap korupsi dan kerugian.
- Sebagai pembeda perusahaan dengan perusahaan alternatif (pesaing).
- Membina hubungan yang masuk akal (baik) dengan masyarakat di luar perusahaan.
- Potensi biaya (CSR akan mengurangi jumlah pajak yang dibayarkan oleh perusahaan).
- Menjalin hubungan yang masuk akal (baik) dengan pemangku kepentingan (stakholder) di luar seperti pemasok.
Keuntungan dan Manfaat CSR
Inilah Manfaat CSR untuk Masyarakat.
- Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan yang meluas.
- Hadirnya beasiswa untuk anak muda tidak mampu berada di daerah tersebut.
- Adanya pembangunan pedesaan fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan bermanfaat bagi masyarakat umum yang ditempatkan di sekitar perusahaan ditemukan.
Inilah Manfaat CSR bagi Perusahaan.
- Tingkatkan citra perusahaan.
- Mengembangkan kerjasama dengan perusahaan yang berbeda.
- Penguatan brand perusahaan di masyarakat.
- Membedakan perusahaan dengan kompetitornya.
- Memberikan inovasi untuk perusahaan.
Keuntungan CSR Terhadap Perusahaan
Berikut adalah beberapa yang akan diperoleh perusahaan yang menjalankan program CSR.
a. Mendapatkan Lisensi Sosial Untuk Beroperasi
Masyarakat adalah komunitas utama perusahaan. Secara etis mereka mendapatkan keuntungan dari perusahaan, maka dengan sendirinya mereka akan merasa memiliki perusahaan sendiri, oleh karena itu imbalan yang diberikan kepada perusahaan adalah fleksibilitas untuk menjalankan bisnis di wilayah ini.
b. Mereduksi Resiko Bisnis Perusahaan
Di tengah kerumitan masalah perusahaan sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Keputusan orang-orang dapat mengganggu kelancaran bisnis perusahaan. Ada kasus yang berantakan, maka harganya Untuk reco-ery jauh lebih dua kali lipat ketika dimasukkan ke depan dengan anggaran untuk melakukan program Tanggung Jawab Sosial perusahaan.
Sehingga pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial perusahaan Sebagai langkah awal untuk mencegah hubungan yang memburuk dengan pemangku kepentingan menginginkan perhatian.
c. Melebarkan Akses Sumber Daya
Track records yang baik dan masuk akal dalam pengelolaan tanggung jawab sosial perusahaan (CRS) dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang akan memfasilitasi desas-desus berkat sumber daya yang diinginkan perusahaan.
d. Membentangkan Akses Menuju Market
Investasi yang disematkan untuk perusahaan ini Program Tanggung Jawab Sosial (CSR) akan menjadi awalan bagi perusahaan untuk peluang yang lebih besar. Termasuk di dalamnya membina loyalitas klien dan menembus pangsa pasar baru.
e. Mereduksi Biaya
Banyak contoh seperti penghematan nilai yang akan dilakukan dengan melakukan corporate social responsibility (CSR). Misal limbah pabrik olah raga ke dalam metode perakitan. Selain menghemat harga produksi, juga membantu membentuk barang dagangan limbah ini lebih aman untuk pengaturan.
f. Memperbaiki Hubungan dengan Stakeholder
Implementasi corporate social responsibility (CSR) perusahaan dapat memfasilitasi peningkatan frekuensi komunikasi dengan pemangku kepentingan, dimanapun komunikasi ini dapat meningkatkan pemangku kepentingan kepercayaan kepada perusahaan.
g. Memperbaiki Hubungan dengan Regulator
Perusahaan yang menerapkan tanggung jawab sosial atau disingkat CSR ke perusahaan biasanya dapat meringankan beban pemerintah. Sebagai regulator yang benar-benar bertanggung jawab atas kesejahteraan lingkungan dan masyarakat.
h. Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan
Perusahaan yang baik di mata para pemangku (stakeholders) kepentingan dan juga kontribusi positif yang diberikan perusahaan kepada masyarakat dan juga pengaturannya, dapat menghasilkan kebanggaan tersendiri bagi pekerja yang beroperasi di perusahaan mereka karena itu dalam meningkatkan motivasi kerja mereka.
i. Peluang Mendapatkan Penghargaan
Penghargaan atau reward yang diberikan kepada aktor tanggung jawab sosial perusahaan saat ini, dapat menambah perusahaan untuk penghargaan tersebut.
Program CSR adalah associate degree in-estasi bagi perusahaan untuk pertumbuhan dan properti (sustainability) perusahaan dan tidak lagi dipandang sebagai metode nilai (cost center) namun sebagai metode untuk mewujudkan profit (profit center). Program CSR bisa menjadi komitmen kuat untuk mendukung terciptanya pembangunan properti (pelestarian lingkungan).
Posisi masyarakat lain mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada bisnis memaksimalkan keuntungan, memiliki komitmen etis untuk mendistribusikan keuntungan mereka untuk membuat masyarakat pribumi, seiring berjalannya waktu dengan tidak hanya menuntut perusahaan untuk memasok barang dagangan dan layanan yang dipersyaratkan, namun juga menuntut tanggung jawab sosial.
Implementasi program CSR merupakan salah satu bentuk penerapan tata kelola perusahaan yang sangat baik (Good Coporate Governance).
Membutuhkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Coporate Governance) untuk mengubah perilaku bisnis agar memiliki arahan yang akan ditangani dengan mengelola hubungan kepentingan semua pemangku kepentingan yang akan terpenuhi secara proporsional, mencegah kesalahan vital dalam strategi perusahaan dan menjamin kesalahan yang akan dilakukan serta memastikan kesalahan yang ada bisa diperbaiki.
Dengan pemahaman yang demikian, CSR mencakup peran atau peran strategis bagi perusahaan sebagai bagian manajemen risiko terutama dalam membentuk katup pelarian sosial. Selain melalui CSR perusahaan juga bisa membangun namanya, seperti mengangkat citra perusahaan dan pemegang sahamnya, keseluruhan posisi perusahaan, lebih jauh karena bidang usaha perusahaan.
Contoh kasus CSR
1. Danone (Aqua Mineral Water)
Danone melakukan program CSR yang disebut Program WASH (Water, Acces, Sanitation, Hygiene Program) artinya yaitu Air, Akses, Sanitasi, Kebersihan. Yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan untuk menyediakan solusi terhadap masalah yang terkait dengan sistem air di Hindia Belanda. Program ini paling baik disebut “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”
Sumber:
https://alihamdan.id/csr-adalah/ (diakses 30/12/2017)
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan (diakses 30/12/2017)
Komentar
Posting Komentar